Ekonomi Mandiri (E-Man)

PROGRAM PEMBERDAYAAN WIRAUSAHA MIKRO BAGI DHUAFA

 PENDAHULUAN

Penyaluran  dan pendayagunaan dana zakat mempunyai dimensi yang sangat luas. Pola konsumtif yang selama ini dipraktekkan pada kenyataannya belum mampu untuk mengangkat harkat dan martabat para penerima bantuan. Oleh karenanya, upaya-upaya pendayagunaan dana yang lebih produktif dan berdimensi jangka panjang hendaknya lebih banyak dilakukan.

Salah satu program produktif yang sudah dilakukan dan terus akan dikembangkan oleh Zakat Center adalah “Program Ekonomi Mandiri Bagi Dhuafa”, melalui pemberian bantuan modal usaha kepada para pedagang kecil yang masuk mustahik zakat kategori miskin yang saat ini sangat rentan terhadap jerat rentenir.

LATAR BELAKANG PROGRAM

Program Ekonomi Mandiri Bagi Dhuafa ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor:

  • ¨ Pentingnya pendayagunaan dana zakat secara produktif dengan program-program yang strategis, berkelanjutan dan memberdayakan.
  • ¨ Banyaknya para mustahik zakat kategori miskin yang memiliki usaha skala mikro yang terjerat rentenir.
  • ¨ Banyaknya usaha mikro yang dimiliki oleh mustahik zakat kesulitan untuk berkembang maju, dikarenakan modal usahanya bersumber dari pinjaman ke rentenir, keterbatasan modal, dan kurangnya pengetahuan dalam mengembangkan usahanya.

NAMA PROGRAM
Program pemberdayaan wirausaha mikro ini mempunyai nama : “Ekonomi Mandiri ( E- Man )”

PELAKSANA PROGRAM
Program ini akan dilaksanakan oleh Zakat Center Cirebon, yang beralamat di: Jl. Dr. Sudarsono No. 274 Telp. / Fax. (0231) 244 211 Cirebon Jawa Barat

TUJUAN PROGRAM

  • Memaksimalkan pendayagunaan dana zakat secara lebih produktif.
  • Membebaskan para pedagang kecil yang masuk mustahik zakat kategori miskin dari jerat rentenir.
  • Menumbuhkan jiwa dan semangat entrepreneurship kaum dhuafa.
  •  Mengentaskan kemiskinan secara bertahap dan berkesinambungan.

SASARAN
Program ini ditujukan bagi kaum dhuafa (fakir miskin) yang mempunyai keinginan dan kemampuan untuk berwirausaha.

BENTUK BANTUAN
Bantuan yang diberikan berupa;
a. Diklat Wirausaha
b. Bantuan Modal Usaha
c. Bantuan Alat Usaha
d. Pendampingan & Pembinaan

JUMLAH BANTUAN PER MUSTAHIQ (PENERIMA BANTUAN)
Jumlah bantuan yang diberikan kepada masing-masing mustahiq berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi dan usaha yang akan dijalankan, dimulai dari Rp. 500.000,- s.d. Rp. 1.000.000,-

SISTEM PENYALURAN BANTUAN

Dalam upaya mensukseskan program ini, Zakat Center menerapkan sistem terpadu dengan tahapan sebagai berikut:

  • Calon mustahik yang akan mengajukan bantuan modal usaha harus mengisi formulir pengajuan bantuan yang disediakan oleh Zakat Center.
  • Formulir yang sudah diisi berupa identitas diri dan pengesahan kebenaran informasi yang disampaikan oleh calon mustahik dari pihak DKM/Musholla setempat diserahkan kepada Zakat Center dengan melampirkan fotocopy KTP suami atau istri, serta Kartu Keluarga.
  • Pengajuan yang masuk selanjutnya akan disurvey oleh tim surveyor Zakat Center paling lambat 3 (tiga) hari kerja.
  • Apabila hasil survey merekomendasikan seseorang (masuk kriteria) untuk mendapatkan bantuan modal usaha, maka mereka akan diundang dalam pembinaan rutin Mustahiq Binaan setiap bulan pada minggu kedua. Mereka akan menerima bantuan modal usaha (sesuai rekomendasi survey) dengan sistem hibah (tanpa ada pengembalian). Tetapi mereka mempunyai kewajiban untuk mengikuti pembinaan ekonomi dan mental spiritual yang diselenggarakan oleh Zakat Center setiap bulan.
  • Dalam pembinaan, selain diberikan materi-materi berwirausaha secara baik, juga diajarkan kepada penerima bantuan (mitra binaan) untuk menabung dan bersedekah.
  •  Jika mereka membutuhkan dana untuk pengembangan usahanya, mereka berhak untuk mengajukan dana pinjaman bergulir (Qordhul Hasan) tanpa bunga, dengan ketentuan telah menjadi mitra binaan minimal 6 (enam) bulan dan aktif mengikuti pembinaan.
  • Dibukanya pola Qordhul Hasan ini dalam upaya menjaga para mustahiq binaan agar tidak kembali meminjam ke rentenir.

KERJASAMA DENGAN PIHAK LAIN

Alhamdulillah, sejak kami gulirkan program kreatif pendayagunaan dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh melalui pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa ini, banyak pihak yang telah merespon secara positif. Beberapa pihak yang telah berpartisipasi membantu terlaksananya program ini diantaranya adalah BAZMA PT. Pertamina EP, ESQ Korwil III Cirebon, RS. Bedah Medimas, Bank Muamalat Indonesia, BNI Syariah, CV. Sahabat, PT. ASKES dan pihak-pihak donator lainnya

PEMBIAYAAN PROGRAM

Pembiayaan program ini berasal dari hasil kerjasama dengan sponsor dan donatur secara individu maupun lembaga. Besaran anggaran selama satu tahun adalah Rp.512. 400.000,- terbilang  “Lima ratus Dua Belas Juta Empat Ratus Ribu Rupiah”

5

PAKET DONASI

6

 KOMPENSASI KERJASAMA

10

DOKUMENTASI DAN KEGIATAN PROGRAM

untuk lebih lengkapnya bisa cek disini

Leave a Reply