BERDOA DAN BERUSAHA

BERDOA DAN BERUSAHA

Category : ZC-Team

Sering mendengar kata usaha tanpa Doa itu sombong , dan doa tanpa usaha itu sama aja bohong. Usaha harus dibarengi dengan doa dan doa harus disempurnakan dengan usaha itulah idealnya. Mengapa demikian, karena keduanya adalah ibadah. Ibadah adalah kewajiban kita sebagai hambanya Allah karena  kita manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah, seperti dalam firman Allah

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Doa adalah sarana komunikasi kita manusia  dengan Robb (Allah), maka dari itu doa dalam usaha itu amatlah penting  karena sejatinya apa yang ada di bumi dan apa yang ada dilangit semuanya adalah milik Allah. Maka saat kita menginginkan sesuatu mintalah kepada Allah dengan jalan ikhtiar (usaha) dan doa. Ikhtiar sudah dan doa sudah, hal yang tidak boleh lupa adalah tawakal (berserah diri kepada Allah) karena kita manusia hanya mempunyai ingin dan Allah lah yang mutlak mempunyai izin.

Allah SWT berfirman dalam Surat Ar-Ra’d, ayat 11,

 “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Maksud dari ayat diatas adalah bahwa Allah tidak akan memberikan apa yang diinginkan hambanya didalam doa kecuali hambanya itu mau berusaha semampu yang ia bisa.

Dari apa yang dipaparkan diatas bahwasannya, usaha dan doa itu tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

 


Leave a Reply

shares

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/advercom/public_html/zakatcenter.org/wp-includes/functions.php on line 3743