JENIS HEWAN UNTUK QURBAN

JENIS HEWAN UNTUK QURBAN

Category : QURBAN , ZC-Team

Hari Raya Idul Adha atau terkenal juga dengan sebutan Idul Qurban adalah hari Raya kaum Haji (orang-orang yang berhaji) jatuh pada 10 dhzulhijah. Dihari ini dianjurkan untuk berqurban bagi yang mampu, pada zaman rosulullah hewan yang bisa diqurbankan adalah hewan jenis domba dan unta, tapi dengan perkembangan zaman hewan yang di qurbankan  pun berkembang jenisnya, yang terpenting tergolong dalam hewan ternak yang dizakatkan, Jenis hewan (Binatang) untuk Kurban (Qurban) sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Hajj ayat 34 hewan yang dapat disembelih untuk ibadah kurban adalah dari jenis Bahiimatul Al An’aam (hewan ternak). Dalam bahasa arab, yang dimaksud Bahiimatul Al An’aam hanya mencakup tiga binatang yaitu onta, sapi atau kambing.

Menurut qoul (pendapat) sebagian besar ulama, selain menggunakan onta, sapi, dan kambing, binatang lainnya yang dapat disembelih adalah domba dan kerbau. Domba (biri-biri) disamakan dengan kambing sedangkan kerbau disamakan dengan sapi.

Pengertian hewan ternak menurut para ahli fiqih (ulama) berbeda dengan pengertian binatang ternak pada umumnya. Karena itu hewan-hewan seperti ayam, angsa, kuda, ikan, maupun burung unta meskipun diternakkan tetapi tidak dapat digunakan sebagai hewan kurban. Apalagi jika menggunakan binatang liar semisal rusa, kancil, dan kijang.

Adapun hewan yang diqurbankan haruslah sehat dan bagus keadaan fisiknya, seperti dalam hadist berikut; Sabda Rasul Saw.

“Ada empat macam yang tidak boleh dijadikan qurban. Yaitu, hewan yang rabun dan jelas kerabunannya, hewan yang sakit dan jelas sakitnya, hewan yang pincang dan jelas pincangnya, dan hewan yang kurus tidak berdaging”.

(HR. Ibnu Hibban; Shahih)

Wallahua’lam bissawab..

Semoga bermanfaat

Bingung mau nyalurin qurban anda kemana?

Joint yuk Bersama kami dalam program Qurban BBM (berkah untuk mualaf)..insya Allah amanah qurban anda akan kami salurkan  ke daerah-daerah pengikisan akidah dan rawan kristenisasi..

Qurban BBM

Berkah Bagi Mualaf

Infaq Kambing Qurban untuk daerah rawan pengikisan Aqidah

mulai Rp 2.000.000 s/d Rp 4.500.000

Transfer Donasi:

4153 01 008 212 537

BRI an. Yus Aprianto

CP 0852 9554 6268


Leave a Reply

shares

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/advercom/public_html/zakatcenter.org/wp-includes/functions.php on line 3743