ZC-Team

LANGKAH HIJRAH MENUJU TAQWA

Hijrah adalah sesuatu yang harus diperjuangkan, diawali dengan niat yang kuat dan ikhlas karena Allah bukan karena nilai duniawi seperti halnya hijrahnya Nabi dan para sahabatnya, sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW.

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ : إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى . فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ .
[رواه إماما المحدثين أبو عبد الله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبة البخاري وابو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري في صحيحيهما اللذين هما أصح الكتب المصنفة]

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantungniatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan. (Riwayat dua imam hadits, Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhori dan Abu Al Husain, Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairi An Naishaburi dan kedua kitab Shahihnya yang merupakan kitab yang paling shahih yang pernah dikarang).

Hijrah tidak hanya diartikan berpindah dari tempat ke tempat yang lain secara fisik tetapi juga para ulama mengartikannya bahwa hijrah juga bisa diartikan berpindah dari prilaku/akhlak yang buruk kepada akhlak yang baik.

Lantas apa saja keuntungan hijrah dalam ketaqwaan?.
1. Dihapuskannya dosa dan diberikannya pembeda (yang benar dan salah)
Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar (Al-Maidah 29)

2. Dimudahkan rizkinya dan urusannya ( Qs At-thalaq :
Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar (2) Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.….(3)

3. Allah akan menjadi pembelanya
…..dan Allah adalah pelindung orang-orang yang bertakwa (Al-Jatsiyat :19)

Bertepatan dengan berlalunya tahun 1437 H yang lalu, mari semuanya untuk dapat berhijrah menuju kebaikan dan taqwa, agar mudah hijrahnya ingatlah 3 M yaitu “Mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang, dan mulai dari yang bisa dilakukan”.

Wallahu’alam.
ZC-Team

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.