PROGRAM PENDIDIKANZC-Team

ADAKAN TRAINING MANAJEMEN MASJID ZAKAT CENTER, GANDENG CINTA AMAL, ADL GRUP DAN DMI PUSAT

Cirebon (05/04/2017)., bertempat di hotel Zamrud Cirebon, Zakat Center bersama Cinta Amal, Amal Dua Lingkaran (ADL) Grup dan Dewan Masjid indonesia (DMI) pusat bekerjasama mengadakan training manajemen masjid bagi para DKM masjid sewilayah tiga cirebon (CIAYUMAJAKUNING).

Dalam training manajemen masjid ini dihadiri langsung oleh direktur Zakat Center H. Anwar Musaddad, S.Ag, M.Si dan Aidil Muhammad selaku perwakilan dari ADL Grup serta Sekjen dari dewan masjid Indonesia (DMI) Pusat yaitu H. Drs. Ahmad Yani dan beberapa orang perwakilan dari Cinta Amal.

Turut menghadiri juga beberapa perwakilan pejabat kota Cirebon seperti dari walikota Cirebon yang dalam hal ini diwakili oleh KABAG KESRA kota Cirebon, ketua BAZNAS kota Cirebon, Pengurus DMI Kota cirebon. Acara ini juga dihadiri oleh 90 orang peserta dari 52 perwakilan DKM sewilayah 3 cirebon (CIAYUMAJAKUNING).

DSCF0538Pada kesempatan training ini, DRS. H. Ahmad Yani selaku pengisi materi menyampaikan bagaimana tata cara administrasi masjid modern, pengelolaan masjid sesuai Islam di Zaman Rasulallah dan para sahabat dan juga program-program yang harusnya ada dan dilakukan dalam rangka memakmurkan masjid. Disela-sela pengisian materi juga dibuka sesi tanya jawab bagi peserta yang merasa belum paham. Salah satu peserta menanyakan bagaimana pengelolaan dana masjid agar sesuai dengan syariat, dari pertanyaan itu Drs. H. Ahmad yani menjawabnya dengan santai dengan cara membandingkannya dengan pengelolaan di masjid-masjid besar di dunia seperti di masjidil Haram dan masjid Nabawi di Arab. Selain itu juga ada pertanyaan bagaimana menyikapi masjid yang kadang imamnya pakai kunut dan tidak, kemudian beliau menjawab dengan suatu kisah toleransi yang sangat indah dari dua tokoh besar Islam dan Indonesia yaitu KH. Idham Cholid dan KH. Buya Hamka. Dan masih banyak lagi pertanyaan selain pertanyaan diatas yang sangat interaktif.

Pada training manajemen masjid juga diisi dengan acara simbolis nota kesepahaman (MOU) antara Zakat Center dan ADL grup dalam rangka mensinergikan program-program dari kedua lembaga. Terakhir harapannya bahwa semoga setelah program manajemen masjid ini dapat dilakukan program lainnya yaitu training guru-guru di wilayah CIAYUMAJAKUNING terang Aidil Muhmammad dalam sambutannya dan menambahkan pimpinan Zakat Center H. Anwar Musaddad ketika ditemuai dikesempatan yang lain, ia mengatakan bahwa semoga training manajemen masjid ini adalah langkah awal dari sinergi-sinergi kerjasama program yang akan dilakukan oleh Zakat Center dan ADL grup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.