Mari Berqurban

Mari Berqurban

Category : Event , Motivasi

Assalamualaikum Wr.Wb
Semoga segala nikmat tercurah untuk semua pembaca yang budiman, dijadikannya kita semua sebagai insan yang senantiasa bersyukur. Amin

Sebagaimana yang kita ketahui, saat ini kita sudah memasuki bulan dzulqo’dah, dan bulan kemudian adalah bulan dzulhijah, dimana kita sebagai umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha yang didalamnya disyariatkan kesunahan berqurban. Sedikit mengingatkan tentang ibadah qurban, izinkan saya menyampaikan dasar-dasar dari ibadah tersebut, semoga berkenan dan berkesan menjadi pembangkit semangat pembaca untuk melakukan tersebut.

Hukum menyembelih hewan qurban adalah sunah muaqad bagi yang mampu melakukannya. Dan menjadi makruh jika kemampuan itu datang tetapi tidak melakukan ibadah tersebut. Sebuah riwayat dari Umum Salamah, bahwa Nabi Muhammad S.A.W bersabda : “jika kalian melihat hillal bulan dzulhijah, hendaknya salah seorang diantara kalian berqurban, dan melakukan manasik dengan memotong rambut dan kukunya.” (Hr. Muslim)
Menyembelih hewan qurban memang tidak diwajibkan, namun akan menjadi wajib jika :

1.    Telah melakukan nazar, sebagaimana sabda Rasulallah S.A.W “barang siapa yang melakuakn nazar dalam rangka taat kepada Allah, hendaklah dilakukan (HR. Bukhari)
2.    Ketika seseorang mengatakan “ Ini (hewan Qurban) milik Allah”, atau “Ini hewan qurban”. Imam malik berpendapat bahwa apabila pada saat membeli hewan qurban ia berniat untuk berqurban, maka ia menjadi wajib melakukannya.

Allah menysariatkan qurban untuk mengenang, mengikuti yang diperintahkan Allah kepada Nabi Ibrahim A.S dan untuk memberikan kemudahan pada hari raya Idul Adha, sebagaimana sabda Rasulalh S.A.W “ Hari ini (hari raya qurban) adalah hari makan dan minum serta dzikir (HR. Ahmad dan Imam Malik dalam AL-Muatha)

Dengan sedikit ilmu diatas kemi mengajak pembaca seluruhnya untuk dapat berqurban, mari mendekatkan diri kepada Allah, mari berbagi, semoga setiap niatan, setiap rizki yang tercurah untuk beribadah mendapatkan ridha Allah dan dicatat sebagai amal shaleh untuk bekal kita kelak untuk menghadap sang khalik. Amin.

Penulis : Rina SE.I

13880318_1426959867330205_8740858222404033530_n


Leave a Reply

shares

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/advercom/public_html/zakatcenter.org/wp-includes/functions.php on line 3743