RATUSAN PEDAGANG KECIL BERDAYA DENGAN ZAKAT PRODUKTIF

RATUSAN PEDAGANG KECIL BERDAYA DENGAN ZAKAT PRODUKTIF

CIREBON – Dalam penyaluran dananya, Zakat Center lebih banyak mendayagunakannya untuk program-program produktif. Walaupun kadang, secara insidental tetap mengadakan program konsumtif, tetapi tidak menjadi prioritas. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan salah satu tujuan disyariatkannya zakat, yaitu mengentaskan kemiskinan. Sebagaimana disampaikan oleh Direktur Eksekutif Zakat Center, M. Anwar Musaddad saat ditanya mengenai program penyaluran Zakat Center.

“Sudah saatnya kita berpikir dan bertindak produktif. Kalau dana zakat, infaq & shodaqoh disalurkan melalui program yang tidak produktif (konsumtif), maka pengentasan kemiskinan bisa dipastikan akan susah terwujud. Ibarat kita menebar garam di lautan. Ketika kita beri mustahik (dhuafa) uang atau makanan, sesaat mereka bisa menikmati. Tetapi dalam jangka waktu yang panjang tidak akan mampu mengentaskan mereka dari jerat kemiskinan, ”tutur Anwar.

Lebih lanjut, Anwar menjelaskan bahwa, “Salah satu program produktif yang terus Zakat Center kembangkan adalah Program E-Man (Ekonomi Mandiri). Sasaran program ini adalah mustahik zakat kategori miskin yang memiliki usaha mikro. Alhamdulillah, sudah ratusan pedagang yang menjadi mitra binaan. Para pedagang kecil yang menjadi mitra binaan kami, selain dibantu modal usaha, juga diberikan bantuan berupa pendampingan, pembinaan dan asuransi mikro. Dengan adanya program ini, diharapkan para pedagang kecil bisa terbebas dari jerat rentenir, mandiri, dan usahanya bisa maju. Sehingga ke depan, kehidupannya bisa berubah, dari si penerima menjadi si pemberi”. Semoga!

MODAL USAHAMODAL USAHA 112677584_192258517800251_2114160761_n


Leave a Reply

shares

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/advercom/public_html/zakatcenter.org/wp-includes/functions.php on line 3743