Memaafkan, haruskah?

Memaafkan, haruskah?

Category : Uncategorized

forgive to forget

Bukan sekali dua kali mungkin kita merasa sakit hati dengan orang-orang sekitar kita. Bahkan mungkin orang terdekat kita, suami, istri atau anak. Bisa jadi rekan kerja atau tetangga kita. Hal ini adalah sebuah kepastian dalam hidup bermasyarakat.

Kita tak mungkin mengendalikan sekitar kita untuk sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi kita bisa mengatur hati kita untuk dapat menerima dengan lapang dada apabila orang lain membuat kesalahan terhadap kita. Allah SWT bahkan sudah mengisyaratkan bahwa orang-orang yang mudah memberikan maaf adalah hamba-Nya yang spesial.

(Orang-orang yang bertakwa adalah) mereka yang menafkahkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya serta (mudah) memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. [Ali-Imran/3:134]

Rasulullah SAW secara khsusus menggambarkan besarnya keutamaan dan pahala sifat mudah memaafkan di sisi Allah SWT dalam sabda Beliau:

Tidaklah Allah menambah bagi seorang hamba dengan pemberian maafnya (kepada saudaranya) kecuali kemuliaan (di dunia dan akhirat)

 

Wallahu A’lam

Abu Uwais El-Qodri


Leave a Reply

shares

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/advercom/public_html/zakatcenter.org/wp-includes/functions.php on line 3743