Pelatihan Mendongeng Bersama Sekolah Binaan ZC

Pelatihan Mendongeng Bersama Sekolah Binaan ZC

Category : Berita , PROGRAM PENDIDIKAN

Mendongeng/bercerita adalah salah satu metode pengajaran yang paling efektif untuk mendidik anak-anak. Sehingga diharapkan setiap guru harus bisa mendongeng dan menjadikannya sebagai media saat menyampaikan materi kepada anak-anak. guru yang pandai mendongeng akan lebih dekat dengan anak karena anak sangat menyukai dongeng yang dibawakan oleh guru tersebut bahkan setiap hari anak selalu menantikan dongeng dari guru tersebut.

Saat anak-anak sudah dekat dengan guru, maka guru pun akan lebih mudah menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak-anak dan sang guru pun akan mudah memberikan materi pembelajaran setiap harinya.

Selanjutnya Bercerita atau story telling ternyata dapat dijadikan sebagai media membentuk kepribadian dan moralitas anak usia dini. Sebab, dari kegiatan bercerita terdapat manfaat yang dapat dipetik oleh pendongeng (orang tua ataupun guru) beserta para pendengar (dalam hal ini adalah anak usia dini). Manfaat tersebut adalah, terjalinnya interaksi komunikasi harmonis antara orang tua dengan anaknya di rumah atau guru dengan muridnya di sekolah, sehingga bisa menciptakan hubungan yang akrab, terbuka, dan tanpa sekat.

Seorang Guru yang statusnya sebagai orang tua di sekolah, maka mereka pun dituntut untuk mampu menyampaikan nilai-nilai kebaikan melalui dongeng. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak dapat menyerap nilai-nilai kebaikan tanpa harus merasa berat sebagai tuntutan pelajaran

DSC_1940Akhir Tahun lalu menjadi moment yang spesial untuk Guru-guru dan siswa-siswa TK/RA, PAUD dan TPA binaan Zakat Center. selama dua hari belajar dan menikmati serunya belajar melalui dongeng. Didukung oleh Filantropi Event Management dari Jakarta, Zakat Center menghadirkan dua pendongeng kawakan dari Komunitas pendongan PAGI (Pelangi Anak Negeri).

Kak Tony dan Kak Ojan dari Komunitas Pendongeng PAGI penuh semangat berbagi cerita bersama anak-anak dengan menggunakan berbagai media. dari mulai musik hingga boneka.

DSC_1842

DSC_1965


Leave a Reply

shares

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/advercom/public_html/zakatcenter.org/wp-includes/functions.php on line 3743