Bantu Korban Banjir Pantura

Bantu Korban Banjir Pantura

Category : PROGRAM SOSIAL , ZC-Team

INDRAMAYU – Merespons kondisi beberapa daerah yang saat ini terkena bencana banjir, beberapa waktu yang lalu Zakat Center kembali melakukan aksinya dengan terjun langsung memberikan bantuan korban banjir di daerah Pantura Jawa Barat.
Saat ditanya mengenai lokasi penerima bantuan, Abdurrahman selaku Project Leader Tim Rescue menyampaikan, “Mengingat daerah yang terkena banjir sangat banyak, maka kami memilih daerah yang paling parah kondisinya dan paling membutuhkan bantuan. Setelah melakukan survey dan penyusuran daerah yang terkena banjir, akhirnya tim memutuskan untuk memberikan bantuan di daerah-daerah yang paling parah terkena dampak banjir. Oleh karenanya, dalam penyaluran bantuan kali ini dibagi beberapa tahap dan dilakukan di beberapa wilayah. Penyaluran bantuan tahap pertama dilakukan di Wilayah Cirebon, tepatnya di Blok Penganjur Desa/Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon”, jelas Abdurrahman.
Di posko pengungsian, Puhadi selaku Babinsa Kecamatan Kapetakan menyampaikan informasi bahwa, “di blok Penganjur ini terdapat korban banjir sebanyak 428 KK. Banjir telah merendam ratusan rumah warga dan ribuan hektar sawah”, ujarnya.
Dalam penjelasannya, Abdurrahman menyampaikan pula bahwa,”untuk tahap kedua penyaluran bantuan dilakukan di Wilayah Indramayu, tepatnya di Blok Pesantren Desa/Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Kami salurkan bantuan di daerah ini karena sudah beberapa hari ini rumah dan areal persawahan milik warga tergenang air setinggi hampir satu meter”.
Sementara itu, untuk tahap ketiga dan keempat tim Rescue dipimpin langsung oleh Manager P2D, Misja. Pria yang berpenampilan kalem ini menjelaskan bahwa, “tahap ketiga dan keempat penyaluran bantuan untuk korban banjir ini dilakukan pada hari Rabu (29/01/14), hampir satu minggu setelah kita salurkan bantuan tahap pertama dan kedua dilakukan pada hari Kamis (23/01/14) yang lalu”.
“Penyaluran bantuan tahap ketiga dan keempat ini dilakukan di Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur dan Desa Kiajaran Timur Kecamatan Lohbener. Kedua daerah tersebut berada di Kabupaten Indramayu. Keduanya menjadi salah satu daerah yang paling parah terkena dampak banjir. Menurut pengakuan warga, hampir seluruh desa tergenang banjir. Bahkan beberapa rumah hilang tersapu banjir”, ujar Misja.
Nampak dalam pantauan tim, ratusan warga berada di tempat pengungsian. Mereka nampak shock melihat kondisi rumah dan sawah mereka. Ratusan rumah dan ribuan hektar sawah terendam banjir. Sebagian besar areal persawahan sudah tidak tampak lagi. Yang terlihat hanya hamparan air, seperti di laut lepas. “Tak disangka banjir tahun ini sangat besar. Baru kali ini daerah kami mengalami banjir separah ini”, ujar salah seorang warga.
Sementara itu, saat menyampaikan laporannya, Manager P2D mengungkapkan rasa syukurnya, “Alhamdulillah beberapa pihak sangat antusias terhadap program peduli korban banjir ini. Kami ucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada pimpinan dan staf RS. Medimas dan PT. Sahabat Sentra Alkesindo yang telah bekerjasama dalam meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena banjir. Bantuan berupa sembako, makanan siap saji, susu formula, popok bayi dan barang lainnya yang sangat dibutuhkan telah diberikan ke daerah-daerah yang paling parah terkena banjir. Semoga bermanfaat bagi penerimanya dan menjadi amal sholeh bagi pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya program ini”, ujarnya.


Leave a Reply

shares

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/advercom/public_html/zakatcenter.org/wp-includes/functions.php on line 3743